Home » Publikasi »
 
PUBLIKASI
Halaman ini dibaca : 2 Kali
small fontmedium fontlarge font

Bupati Rutin Turun ke Pelosok

PASERKAB, 08-07-2013 11:46:44 WITA

DALAM rangka percepatan pembangunan, khususnya tujuh program pembangunan desa, seperti program pembangunan bidang pendidikan, bidang infrastruktur jalan, listrik, air bersih, rumah layak huni, pasar desa serta bidang kesehatan, Bupati Paser HM Ridwan Suwidi dalam sebulan terakhir  ini aktif mengunjungi desa-desa  yang tersebar di sepuluh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Paser.

 

Kunjungan yang melibatkan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu dilakukan Bupati  dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan tujuh program pembangunan desa, seperti program pembangunan  yang sudah ditetapkan tadi.

“Untuk mengetahui apakah pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan di desa-desa tersebut benar-benar sudah tercapai, maka perlu di ketahui dengan cara melihat dan terjun langsung ke lapangan. Dengan melihat langsung ke lapangan, maka bisa diketahui apa saja yang masih diperlukan untuk kemajuan sebuah desa. Sebaliknya, bagi program pembangunan yang belum tercapai, kepala desa (Kades) harus bisa menjelaskan kendala apa saja yang dihadapi di lapangan,” ungkap Bupati saat berbincang dengan media ini, Jumat (5/7) kemarin.

Menurutnya, dalam tahun anggaran (TA) 2013 ini diharapkan semua sektor pembangunan di wilayah pedesan sudah harus tercapai dan bisa dinikmati secara utuh dan baik oleh masyarakat.  Hal itu sesuai target Paser Bangkit 2013 yang jauh hari sebelumnya dicanangkan Pemkab Paser.

Saat ini,  kata Bupati, tuntutan kebutuhan dan kepentingan masyarakat sangat banyak. Karena itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, maka tidak dapat dihindari adanya skala prioritas, baik dalam merencanakan maupun melaksanakan program-program pembangunan.

“Skala prioritas pembangunan itu tentu saja telah melalui berbagai proses dan tidak terlepas dari pemenuhan kepentingan masyarakat. Walaupun terkadang mendapat kritikan dari berbagai kalangan, namun hal tersebut adalah sebagai cambuk motivasi untuk terus membangun,” ungkap Bupati kepada media ini dalam sebuah kesempatan.

Menurutnya, keinginan untuk bisa lebih maju dari daerah lain itulah yang menjadi latar belakang lahirnya target dimasa kepemimpinan daerah selama lima tahun, yaitu Paser Bangkit 2013.

“Paser Bangkit 2013  adalah sebuah target untuk menumbuhkan semangat dan memandu arah tujuan yang ingin dicapai. Sebaliknya, tanpa ada target, maka kita tidak memiliki arah dan tujuan serta tidak ada semangat bekerja lebih keras,” bebernya.

Lebih jauh Bupati mengatakan, bahwa pembangunan Kabupaten Paser tentunya tidak hanya dipusatkan di ibu kota kabupaten. Untuk pemerataan pembangunan, secara umum juga berhasil membangun jalur dua di ibu kota kecamatan-kecamatan, meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan antar kecamatan dan desa.

“Selanjutnya, peningkatan fasilitas kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat di kecamatan dan desa, peningkatan jangkauan penyediaan air bersih, serta melaksanakan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang tentu saja semuanya berada di kecamatan dan desa,”  katanya.

Dikatakan, bahwa Pemkab Paser tidak hanya mengalokasikan anggaran cukup besar bagi percepatan pembangunan wilayah pedesaan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahunnya, tapi juga memberikan kewenangan kepada pemerintah desa (Pemdes)  untuk merencanakan dan melaksanakan sendiri seluruh program di desa masing-masing.

Bahkan, dalam pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan yang dilaksanakan di desa-desa, Pemdes diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan. Pemkab Paser, baru akan membayar hasil pekerjaan proyek jika kepala desa (Kades) turut menyatakan, bahwa proyek yang dilaksanakan di desanya telah selesai sesuai perencanaan.

Begitu pedulinya Bupati Ridwan Suwidi terhadap pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan, maka tidak heran jika dalam setiap kesempatan, bupati selalu menekankan kepada para pejabat di lingkungan Pemkab Paser untuk selalu mengedepankan pola pikir yang berkiblat pada kepentingan masyarakat dan pembelaan bagi wong cilik, terutama yang ada di desa-desa dalam wilayah Kabupaten Paser.

Saat ini, beragam program  yang membela pada kepentingan masyarakat secara bertahap telah terealisasi. Salah satunya adalah bantuan kendaraan operasional, baik roda dua maupun roda empat untuk para kades, lembaga pemberdayaan masyarakat desa dan Badan Perwakilan Desa.

Program lainya, yakni pemberian bantuan beasiswa untuk anak warga tidak mampu dari desa-desa yang kuliah di perguruan tinggi. Bupati berharap agar bantuan beasiswa ini dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga dan kelak jika sudah selesai wajib kembali atau ditempatkan di desanya.

Hal lain yang membuktikan  kalau mantan anggota DPRD Kaltim ini sangat perhatian dengan warga desa adalah kunjungan rutin ke desa-desa menemui langsung warganya.

Menurutnya, kunjungan ke desa-desa yang sering dilakukan di luar jam kerja, yakni pada hari Sabtu dan Minggu, selain dimaksudkan untuk melihat langsung hasil-hasil pembangunan, juga  bertujuan untuk mengasah kepekaan pada situasi kehidupan riil di masyarakat.

“Dengan mengunjungi langsung warga di desa-desa, tak hanya sebagai ajang silaturahmi, tapi juga bisa menumbuhkan gagasan-gagasan baru yang berpihak pada kepentingan masyarakat,” katanya.

 



Dikirim oleh : (admin)



   BERITA LAINNYA :
22-05-2014 -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, inflasi merupakan salah satu betuk musuh ekonomi bagi seluruh negara. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan...',300)" onMouseOut="toolTip()">SBY: Inflasi adalah Musuh Ekonomi
22-05-2014 -Wakil Presiden RI Boediono mempunyai harapan besar pada industri minyak dan gas bumi (migas) agar Indonesia mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri...',300)" onMouseOut="toolTip()">Boediono Desak Pertamina Tingkatkan Produksi
22-05-2014 -Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, kesimpulan rapat mengenai pemangkasan anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) pada Rapat Kerja bersama...',300)" onMouseOut="toolTip()">Raker Tinjau Kembali Pemangkasan Anggaran
22-05-2014 -Sudah bukan rahasia lagi, pembangungan infrastruktur di Kalimantan Timur berjalan lamban. Padahal, daerah ini sangat...',300)" onMouseOut="toolTip()">Ketua Apindo: Kaltim harus Investasi Listrik
22-05-2014 -Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem mangrove atau hutan bakau sebesar 3,1 juta hektare atau 23% dari total mangrove di dunia. Dengan ekosistem terbesar...',300)" onMouseOut="toolTip()">23 Persen Mangrove Dunia Ada di Indonesia

   CARI ARSIP BERITA :
Tanggal       Bulan       Tahun     


Kembali ke halaman semula
   
Kembali atas halaman ini

 

Berita Terbaru

Berita Populer


Tamu Online : 13
       

Serba-Serbi

Download File

Gallery Foto & Peristiwa

Danau Buatan
taman mawar at the night
Masjid Agung Paser
Masjid Agung Paser
Masjid Agung Paser

Hak Cipta © 2009 Pemerintah Kabupaten Paser
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
Jl. Sultan Ibrahim Khaliluddin Telp (0543) 21233, 21236 Fax. (0543) 21427 Tanah Grogot

Halaman ini terbuka dalam waktu : 0.004812 Detik