Berita

Home / Berita

DPD PPNI Paser gelar pelatihan BTCLS


Puluhan perawat ketika mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support yang digelar DPD PPNI Paser

 

Tana Paser - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Paser menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS)  yang diikuti puluhan perawat Kabupaten Paser.

Ketua DPD  PPNI  Paser Suparno mengatakan pelatihan BTCLS  adalah salah satu syarat kemampuan yang harus dimiliki perawat dalam menangani pasien, tindakan  memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ.

"Jadi pelatihan ini   bertujuan  untuk meningkatkan kompetensi perawat terutama dalam menangani kondisi gawat darurat," kata Suparno.

Ia mengatakan pelatihan BTCLS  tersebut merupakan kerjasama antara DPD PNI Paser dengan International Nurse Training Centre dan  berlangsung  selama lima hari sejak Selasa (10/4).

Suparno menjelaskan setiap perawat harus memiliki kemampuan dan kompetensi BTCLS sehingga kerusakan organ tubuh,  kecacatan dan kematian pasien dapat dihindari. Oleh karena itu sangat penting pelatihan dasar diberikan kepada perawat. 

Sementara  itu Kasubdit kepangkatan dan mutasi pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Paser ,Chandra wisata  menambahkan bahwa  kemampuan perawat dalam BTCLS  merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan ijin praktek.

"Pada pelatihan BTCLS ini perawat akan mendapatkan sertifikat yang  menjadi salah satu persyaratan untuk membuka praktek,” ujar Chandra.

Jadi kata  Chandra, kompetensi perawat dalam menangani pasien haruslah terukur sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menangani pasien.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya pelatihan BTCLS dapat  meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta,” pungkas Chandra.(*/Kominfo Paser)
 

Like