Home » publikasi »
 
PUBLIKASI
Halaman ini dibaca : 2 Kali
small fontmedium fontlarge font

Paser Akan Produksi Tiga Jenis Sabun

PASERKAB, 17-10-2008 00:00:00 WITA

Pembangunan pabrik biodiesel sebentar lagi akan terealisasi di Kilometer (Km) 6,5 Jalan Kusuma Bangsa, Tanah Grogot. Pasalnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Diperindagkop) Kabupaten Paser Sudirman SE Msi mengatakan pabrik biodiesel akan beroperasi akhir November 2008.
Sudirman yang dihubungi, Kamis (16/10) mengaku sedang berada di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong, Tanggerang. "Saya di Serpong, Tanggerang, tepatnya di BPPT, melihat pabrik biodiesel yang akan dikirim ke Paser.
Menurut rencana dikirim tanggal 20 Oktober, sampai di Paser diperkirakan tanggal 30 Oktober," kata Sudirman.
Sedangkan di lokasi proyek pembangunan pabrik biodiesel, lanjut Sudirman, sudah dibangun fondasi untuk pabrik biodiesel, diharapkan minggu pertama bulan November pekerjaan itu sudah selesai, sehingga perakitan pabrik biodiesel bisa segera dimulai.
Dikatakan, pabrik biodiesel sudah diujicoba dan beroperasi dengan baik, tapi sebelum dikapalkan komponen-komponen pabrik biodiesel dilepas dulu, baru setelah tiba di Paser dirakit kembali. "Setidaknya perlu dua kontainer untuk memuat komponen-komponen pabrik, bongkarnya di pelabuhan peti kemas Balikpapan, selanjutnya kita bawa ke Paser," ucapnya.
Menurutnya, pabrik bisa beroperasi akhir November tergantung selesainya pembangunan fondasi pabrik di Km 6,5 Jalan Kusuma Bangsa. Selain itu, Pemkab Paser dalam hal ini Perusahaan Daerah (Perusda) Daya Prima, perlu menyiapkan tenaga operasional pabrik biodiesel. Seperti, tenaga kimia dan tenaga mekanik.
"Begini, pabrik biodiesel bukan cuma memproduksi bahan bakar nabati pengganti solar, tetapi juga memproduksi turunannya, yakni glycerol. Ini adalah bahan baku untuk memproduksi sabun cair, colek dan sabun batangan. Tapi tanpa tenaga ahli kimia, sabun itu tidak akan wangi, dan orang tidak akan mau beli," jelasnya.
Sedangkan tenaga mekanik, tambah Sudirman, akan bekerja agar pabrik biodiesel bisa berjalan baik. Masalahnya, apakah tenaga-tenaga itu sudah disiapkan atau tidak? Ia tidak tahu, sebab itu sudah diluar kewenangannya. Yang jelas tenaga-tenaga seperti itu harus segera disiapkan, sebab mereka akan diberi pelatihan terhitung sejak pabrik biodiesel dirakit di Km 6,5.
"Mereka (tim pembangunan pabrik biodiesel dari pusat-red) kan tidak lama di Paser, makanya mereka akan melatih sekitar enam orang dari Paser untuk menjadi tenaga operasional pabrik, dua di antaranya harus sarjana di bidang kimia dan mekanik, biar pabrik yang kabarnya bernilai Rp 4 miliar ini beroperasi seperti yang kita harapkan," pungkasnya.(TribunKaltim,171008)

Dikirim oleh : (administrator)



   BERITA LAINNYA :
22-05-2014 -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, inflasi merupakan salah satu betuk musuh ekonomi bagi seluruh negara. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan...',300)" onMouseOut="toolTip()">SBY: Inflasi adalah Musuh Ekonomi
22-05-2014 -Wakil Presiden RI Boediono mempunyai harapan besar pada industri minyak dan gas bumi (migas) agar Indonesia mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri...',300)" onMouseOut="toolTip()">Boediono Desak Pertamina Tingkatkan Produksi
22-05-2014 -Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, kesimpulan rapat mengenai pemangkasan anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) pada Rapat Kerja bersama...',300)" onMouseOut="toolTip()">Raker Tinjau Kembali Pemangkasan Anggaran
22-05-2014 -Sudah bukan rahasia lagi, pembangungan infrastruktur di Kalimantan Timur berjalan lamban. Padahal, daerah ini sangat...',300)" onMouseOut="toolTip()">Ketua Apindo: Kaltim harus Investasi Listrik
22-05-2014 -Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem mangrove atau hutan bakau sebesar 3,1 juta hektare atau 23% dari total mangrove di dunia. Dengan ekosistem terbesar...',300)" onMouseOut="toolTip()">23 Persen Mangrove Dunia Ada di Indonesia

   CARI ARSIP BERITA :
Tanggal       Bulan       Tahun     


Kembali ke halaman semula
   
Kembali atas halaman ini

 

Berita Terbaru

Berita Populer


Tamu Online : 2
       

Serba-Serbi

Download File

Gallery Foto & Peristiwa

Danau Buatan
taman mawar at the night
Masjid Agung Paser
Masjid Agung Paser
Masjid Agung Paser

Hak Cipta © 2009 Pemerintah Kabupaten Paser
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
Jl. Sultan Ibrahim Khaliluddin Telp (0543) 21233, 21236 Fax. (0543) 21427 Tanah Grogot

Halaman ini terbuka dalam waktu : 0.021496 Detik